Hari
Advertisement
|

Jembatan Paling Unik Terbuat Dari Akar

Keunikan Alam | Keunikan Flora | emelde.com - Setiap orang pasti tahu apa itu jembatan, fungsi jembatan yang sangat vital bagi akses dua tempat, biasanya jembatan digunakan untuk menghubungkan dua tempat yang terpisah. Terkait panjang jembatan, maka jembatan Suramadu menjadi  jembatan terpanjang di Indonesia. Struktur jembatan biasanya menggunakan rangka baja atau besi, kecuali jembatan gantung yang menggunakan kawat gantungan dan papan tebal.

keunikan alam-jembatan paling unik terbuat dari akar pohon


Namun Jembatan Akar yang terdapat di Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan sungguh unik, jembatan yang membentang sepanjang 25 meter, menghubungkan dua tempat yang dipisahkan sungai Batang Bayang. Kontruksi jembatan 100% jalinan akar batang beringin yang berumur ratusan tahun.

Jalinan akar beringin yang berada di kedua disisi sungai, akhirnya karena proses alami bertemu dan membentuk jembatan yang unik. Hingga kini jembatan akar yang terdapat di Bayang Utara ini menjadi salah satu jembatan terunik didunia.

Saban hari jembatan ini ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun nasional, khusus pada hari-hari tertentu, seperti hari lebaran atau liburan lokasi ini sangat padat, karena disamping pemandangan alam disekitarnya yang indah dan menarik, juga dibawah jembatan mengalir air sungai yang jernih dan bersih.

Jembatan akar yang sudah berusia ratusan tahun ini, kini dipugar oleh Pemda Pesisir Selatan karena keberadaannya yang unik dan menjadi daya tarik wisata daerah, agar tidak rusak saat ini untuk aktivitas jembatan ini fungsinya digantikan oleh jembatan permanen berkontruksi baja yang dibangun pemerintah daerah.

Agar jembatan terpelihara maka pada waktu-waktu tertentu saat pengunjung padat jembatan tidak bisa dilewati kecuali secara bergilir karena daya dukung jembatan akar yang terbatas. Makanya, saat ini pengelola jembatan akar memberlakukan buka tutup, sehingga tidak semua pengunjung dapat melewati jembatan ini.

Tetapi yang jelas keberadaan jembatan akar merupakan salah satu keunikan dunia yang perlu dipelihara, karena menurut catatan yang ada jembatan akar ini hanya ada di Bayang Utara, Pesisir Selatan. Bahkan menurut ekspedisi yang dilakukan media Haluan, beberapa waktu yang lalu, ternyata ada 2 ljembatan yang sama, namun lokasinya yang terpencil tidak diketahui publik secara luas.

Posted by JokoRowoTlogoRejo on 17:32. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Jembatan Paling Unik Terbuat Dari Akar"

Leave a reply